Wednesday, July 5, 2017

KOMPONEN SCADA


Gambar konfigurasi Sitem SCADA

Sistem SCADA tidak dapat berdiri sendiri dan memerlukan dukungan dari
berbagai macam infrastruktur, yaitu:
1.      Remote Terminal Unit (RTU)
Remote Terminal Unit (RTU) atau  Outstation Terminal Unit (OTU) atau Unit Terminal Jarak Jauh adalah suatu peralatan  remote stationberupa  processor yang  berfungsi  menerima,  mengolah,  dan  meneruskan  informasi  dari  master station ke  sistem  yang  diatur  dan  sebaliknya,  juga  kemampuan  load  shedding yang dilengkapi database, nama penyulang, identifikasi, beban. RTU terdiri dari beberapa modul yang ditempatkan pada suatu  backplane dalam  rak/cubicle. Modul-modul  yang  dimaksud  adalah  modul  power  supply, modul  CPU,  modul  communication,  modul  digital  input (DI),  modul  digital output (DO),  dan  modul  analog  input (AI).  Berdasarkan  penggunaannya,  RTU dengan  kapasitas  I/O  kecil  dipasang  pada  jaringan  Saluran  Udara  Tegangan Menengah (SUTM) 20kV. Sedangkan RTU dengan kapasitas I/O sedang sampai besar dipasang di GI.


RTU  secara  umum  adalah  perangkat  komputer  yang  dipasang  di  remote station atau  dilokasi  jaringan  yang  dipantau  oleh  control  center.  RTU  ini merupakan  rangkaian  proses  yang  bertugas  sebagai  tangan,  mata,  dan  alat pendengar  sistem  pengendalian  dengan  tugas  pokok  mengumpulkan  data-data tentang  status  peralatan,  data-data  pengukuran  dan  melakukan  fungsi  remote control. Adapun fungsi utama dari RTU adalah sebagai berikut:
a.       Mendeteksi perubahan posisi saklar (open/close/invalid).
b.      Mengetahui besaran tegangan, arus, dan frekuensi di gardu induk.
c.       Menerima  perintah  remote  control dari  pusat  kontrol  untuk  membuka  dan menutup relai.
d.      Mengirim  data  dan  informasi  ke  pusat  kontrol  yang  terdiri  dari  status  saklar, hasil eksekusi, dan nilai tegangan, arus, dan frekuensi.
2.      Telekomunikasi
Telekomunikasi adalah komunikasi jarak jauh antara RTU dengan master station yang merupakan media untuk saling bertukar informasi. Komunikasi  data  digunakan  untuk  sistem  SCADA.  Komunikasi  data menggunakan  media  komputer  yang  diteruskan  menjadi  transmisi  elektronik.

Beberapa jenis media komunikasi yang digunakan pada PT. PLN Area Pengatur Distribusi (APD) Jatim diantaranya:
a.       Radio Data
Komunikasi  menggunakan  media  ini  perlahan  mulai  ditinggalkan  karena termasuk teknologi lama. Keunggulan dari media ini adalah mampu menjangkau daerah pelosok yang tidak memungkinkan penanaman kabel bawah tanah seperti fiber optik. Kelemahan yang paling mencolok dari media komunikasi ini adalah sangat bergantung pada kondisi cuaca karena transmisi radio menggunakan udara sebagai jalur transmisinya.
b.       Fiber Optik
Media  komunikasi  jenis  ini  digunakan  di  daerah  perkotaan  dan  efektif digunakan  untuk  komunikasi  jarak  jauh  karena  kecepatan  transfer  data  yang unggul bila dibandingkan dengan media radio data dan kabel pilot.
3.      Master Station
Mengumpulkan  data  dari  semua  RTU  di  lapangan  dan  menyediakan kepada operator tampilan dari informasi dan fungsi kontrol di lapangan.

Master Station merupakan kumpulan perangkat keras dan lunak yang ada di  control  center.  Desain  untuk  sebuah  master  station  tidak  akan  sama,  secara garis besar desain dari sebuah master station terdiri atas:
a.       SCADA Server
b.      Workstation
c.       Historical Data
d.      Projection Mimic, dahulu mesih menggunakan Mimic Board
e.       Peripheral pendukung, seperti printer
f.        Voice Recorder
g.       Global Positioning System, untuk referensi waktu
h.      Dispatcher Training Simulator
i.         Aplikasi SCADA dan energy management system
j.         Uninterruptable Power Supply (UPS), untuk menjaga ketersediaan daya listrik
k.       Automatic  transfer  switch (ATS)  dan  static  tranfer  switch (STS)  untuk mengendalikan aliran daya listrik menuju master station
Sebagai  control  center,  perangkat  yang  ada  di  master  station  harus memenuhi beberapa persyaratan berikut:
a.       Keamanan, kehandalan, dan ketersediaan sistem komputer.
b.      Kemudahan,  kelangsungan,  keakuratan  pengiriman,  penyimpanan,  dan pemrosesan data.
c.       Kebutuhan dan kapabilitas sistem komputer.
d.      Kemudahan untuk dioperasikan dan dipelihara.
e.       Kemampuan untuk dikembangkan.
   4  Peralatan Pendukung (Peripheral)
Peralatan  pendukung  yang  digunakan  adalah  peralatan  yang  mampu menunjang  operasional  peralatan  SCADA  baik  yang  ada  di  master  station maupun  yang  ada  di  gardu  induk  (GI).  Peralatan  pendukung  yang  dimaksud adalah catu daya yang handal dan aman. Apabila catu daya di GI mati tentu akan menimbulkan  berbagai  kerugian,  diantaranya  beban  daya  tidak  terpantau  dan apabila  terjadi  gangguan,  penanganan  terhadap  gangguan  akan  memakan  waktu cukup lama.
Peripheral yang terdapat di master station terdiri dari UPS,  battery bank, automatic  transfer  switch (ATS),  power  supply PLN,  power  supply  genset. Sedangkan di gardu induk peralatan pendukung yang dibutuhkan rectifier/charger dan battery.


No comments:

Post a Comment

PENGGUNAAN INSTRUKSI SERI PARRALEL PADA PLC ALLEN BRADLEY

1.         Penggunaan instruksi seri dan Paralel menggunakan HHP Seri Adalah rangkaian yang disusun sejajar. Parallel adalah komponen seb...