Wednesday, July 5, 2017

PENGENDALIAN DUA MOTOR BERURUTAN

a.   Pengertian Pengendalian Dua Motor Berurutan
Dalam suatu mesin industri ataupun mesin perkakas adakalanya harus dipasang motor induksi 3 fasa lebih dari satu sebagai motor penggeraknya. Sebagai contoh mesin industri pada pabrik pupuk, mulai dari mesin pemecah batu (crussher), mesin pembawa pecahan batu (conveyor), mesin penghalus batu (milling) hingga mesin pengantongan (packing) harus terdapat interkoneksi, tidak mungkin mesin crussher, coveyor dan milling dijalankan kalau mesin packing belum siap. Jadi mesin-mesin tersebut dijalankan satu per satu secara berurutan mulai dari mesin yang terakhir hingga mesin yang pertama, begitu juga untuk mematikannya harus satu per satu secara berurutan mulai dari mesin yang pertama hingga mesin yang terakhir.
Untuk mesin perkakas sebagai contoh misalnya mesin bubut, untuk mengerjakan logam-logam keras selain dipasang motor penggerak utama sebagai penggerak benda kerja, juga harus dipasang motor pompa air pendingin sebagai pendingin benda kerja yang sedang dibubut. Pada saat start pertama kali dijalankan adalah motor pompa air pendingin kemudian disusul motor penggerak benda kerja, Jadi motor penggerak benda kerja tidak mungkin dapat dijalankan jika motor pompa air pendingin belum bekerja. Begitu juga untuk memberhentikannya karena pekerjaan membubut telah selesai, yang perlu dimatikan terlebih dahulu adalah motor penggerak benda kerja kemudian disusul motor pompa air pendingin.

Pemasangan instalasi kontrol dan pengawatan beberapa motor induksi 3 fasa yang dapat bekerja dan berhenti secara berurutan semacam ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Dalam modul ini hanya akan dibahas pengendalian dua motor induksi 3 fasa secara berurutan menggunakan kontaktor.


Gambar 1. Rangkaian daya dan rangkaian kontrol pengendali dua motor berurutan manual

Prinsip kerjanya adalah MCB 1 fasa dan 3 fasa terlebih dahulu dihubungkan dengan sumber tegangan sebagai penyuplai rangkaian. Saat tombol ON1 ditekan maka arus akan mengalir dari fasa menuju coil kontaktor MC 1 dan mengaktifkan kontaktor MC 1 sehingga tegangan dari jala-jala masuk ke motor sehingga menghidupkan motor satu. Saat tombol ON 2 ditekan maka  arus akan mengalir dari fasa menuju coil kontaktor MC 2 dan mengaktifkan kontaktor MC 2 sehingga tegangan dari jala-jala masuk ke motor sehingga menghidupkan motor kedua. Saat tombol OFF 2 ditekan maka akan memutus suplai ke kontaktor MC 2 sehingga motor kedua akan mati. Saat tombol OFF 1 ditekan maka akan memutus suplai tegangan ke kontaktor MC1 dan MC2 sehingga semua motor akan mati.

b.   Prinsip Kerja Rangkaian Daya dan Rangkaian Kontrol Pengendalian Dua Motor Berurutan Otomatis
Berikut merupakan pengawatan rangkaian daya dan kontrol pengendali dua motor 3 fasa secara berurutan secara otomatis.

Gambar 2. Rangkaian daya dan rangkaian kontrol pengendali dua motor berurutan otomatis.

Prinsip kerja rangkaian ini adalah hamper sama dengan rangkaian manual. Yang membedakan adalah timer yang berfungsi untuk menggantikan ON 2 sehingga saat ON 1 ditekan maka arus akan masuk ke kontaktor MC 1 dan masuk ke timer. Saat motor satu hidup begitupun juga timer akan aktif dan melakukan perhitungan selama waktu yang telah di setting. Saat timer aktif maka NO timer akan menutup sehingga kontaktor MC2 aktif dan menghidupkan motor kedua.

    c.   Rangkuman
             1.    Pengendalian motor induksi 3 fasa secara berurutan sering digunakan pada mesin-              mesin industri.
            2.    Prinsip kerja rangkaian pengendali dua motor berurutan manual adalah adalah                    tombol ON 1 digunakan untuk menghidupkan motor satu. Tombol ON 2                              digunakan untuk menghidupkan motor kedua. 
            3.   Prinsip kerja rangkaian pengendali dua motor berurutan otomatis adalah timer                    berfungsi sebagai pengganti ON 2 yang dapat menghidupkan motor kedua secara                otomatis.

3 comments:

PENGGUNAAN INSTRUKSI SERI PARRALEL PADA PLC ALLEN BRADLEY

1.         Penggunaan instruksi seri dan Paralel menggunakan HHP Seri Adalah rangkaian yang disusun sejajar. Parallel adalah komponen seb...