Wednesday, July 5, 2017

PENGENDALIAN MOTOR INDUKSI 3 FASA FORWARD REVERSE SECARA MANUAL

a.   Pengertian Pengendalian Motor Induksi 3 Fasa Forward Reverse Secara Manual
Pengendalian motor forward reverse atau bolak balik ini adalah salah satu kerja motor induksi 3 phasa yang sering digunakan pada mesin mesin produksi oleh banyak kalangan industri, baik industri kecil maupun industri besar. Secara spesifik penggunaannya tidaklah terlalu penting, karena mesin mesin produksi terus mengalami perkembangan dari segi pemanfaatan dan kontruksi mesinnya itu sendiri. Namun secara prinsipalnya adalah sama, yaitu membolak balikkan arah putaran motor induksi dengan tombol tombol atau rangkaian interlock tertentu.

Berikut merupakan cara membalik putaran motor 3 fasa.

Dalam gambar diatas dijelaskan:
·        pada K1    : arah putaran motor ke arah kanan bila urutan phasa input R-S-T masuk dalam rangkaian Breaker dan Kontaktor ke motor.
·         Pada K2   : arah putaran motor ke arah kiri bila urutan phasa input yang masuk dalam rangkaian dan ke motor adalah kebalikannya, yaitu R-T-S

b.   Prinsip Kerja Rangkaian Daya dan Rangkaian Kendali Motor Induksi 3 Fasa Forward Reverse Secara Manual
Berikut merupakan rangkaian pengawatan kendali motor forward reverse secara manual.
Gambar 6. Rangkaian Pengawatan Rangkaian Pengendali Motor Forward Reverse Manual

Prinsip kerja rangkaiannya adalah saat tombol ON Kanan ditekan maka arus akan mengalir ke coil kontaktor KM 1 dan akan mengaktifkan kontaktor KM1 sehingga motor akan berputar ke kanan (forward). Sebelum tombol ON Kiri ditekan maka tombol off harus ditekan terlebih dahulu sampai motor berhenti berputar. Saat tombol ON 2 ditekan maka arus akan mengalir ke coil kontaktor KM2 sehingga akan mengaktifkan kontaktor KM2 sehingga motor akan berputar ke arah kiri atau sebaliknya karena urutan fasa nya berbeda dengan saat putar kanan.

c.    Rangkuman
1.  Cara membalik putaran motor induksi 3 fasa adalah dengan cara membalik salah satu urutan fasanya.
2.  Prinsip kerja rangkaian pengendali motor forward reverse adalah saat tombol ON Kanan ditekan motor berputar ke kanan sedangkan saat tombol ON Kiri ditekan maka motor berputar ke kiri.

No comments:

Post a Comment

PENGGUNAAN INSTRUKSI SERI PARRALEL PADA PLC ALLEN BRADLEY

1.         Penggunaan instruksi seri dan Paralel menggunakan HHP Seri Adalah rangkaian yang disusun sejajar. Parallel adalah komponen seb...