sumber: dkampus.com
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh guru maupun calon guru dalam mencari solusi akan masalah yang di dapat saat di kelas. PTK biasanya bertujuan untuk meningkatkan minat belajar, motivasi belajar, konsentrasi belajar dan pastinya hasil belajar dengan menggunakan cara - cara atau metode yang inovatif tergantung masalah yang didapat dikelas.
penelitian ini dimulai dengan observasi pembelajaran siswa dikelas, setelah itu masalah yang didapat saat observasi diidentifikasi sebelum ditetapkan solusi apa yang akan digunakan untuk mengatasi masalah dalam belajar dikelas yang akan dijadikan subyek penelitian. solusi yang didapat biasanya berupa menerapkan strategi baru dalam pembelajaran, dengan metode dan model pembelajaran yang menarik siswa untuk bisa meningkatkan kualitas belajar mereka, bisa juga dengan menggunakan media - media yang interaktif. Pendidikan Teknik Elektro adalah program studi pada suatu institusi perguruan tinggi yang memiliki tujuan menyediakan tenaga guru bagi SMK kelompok teknologi dan rekayasa yang menyelenggarakan salah satu atau lebih paket keahlian dari program keahlian Teknik Ketenagalistrikan. berikut adalah paket keahlian dari program keahlian Teknik Ketenagalistrikan.
- Teknik Pembangkit Tenaga Listrik (TPTL)
- Teknik Jaringan Tenaga Listrik (TJTL)
- Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL)
- Teknik Otomasi Industri (TOI)
- Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU)
Penelitian Tindakan Kelas yang biasanya diterapkan di kelas oleh guru maupun calon guru dari program studi pendidikan teknik elektro adalah:
"Upaya Peningkatan Hasil Belajar Instalasi Tenaga Listrik Kelas XII TITL Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share di SMKN 2 Solok"
"Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Learning untuk Meninkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X TOI 2 SMKN 1 Ponorogo "
"Peningkatan Minat dan Hasil belajar Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI L2 Menggunakan Strategi Pembelajaran Discovery Learning di SMKN 5 Solok Selatan"
" Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Dasar dan Pengukuran Listrik Siswa Kelas X TPTL 2 menggunakan media lectora inspira di SMK PGRI 3 Malang"
"Kajian Pembelajaran dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TOI 1 Mata Pelajaran Sistem Kontrol Elektronik dan Elektromekanik di SMKN 1 Pariaman"
"Penggunaan Media Fluid-sim dalan Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Instalasi Tenaga Listrik Siswa Kelas XI TITL 1 di SMKN 1 Padang"
"Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X L1 SMKN 3 Surakarta"
"Kajian Pembelajaran dalam Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction berbantuan Media presentasi interaktif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar instalasi penerangan listrik kelas XI TITL 1 SMKN 1 Pariaman"
"Peningkatkan Minat dan Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Numbered Head Together di Kelas X TOI 1 SMKN 2 Jakarta Selatan"
"Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe make a match berbantuan mindmap dalam meningkatkan minat dan hasil belajar instalasi penerangan Listrik Kelas XI TITL di SMKN 4 Bandung
*judul-judul diatas hanya contoh PTK, bila terdapat kesamaan tempat dan penelitian hanyalah ketidaksengajaan semata.
Judul sama tapi beda sekolah aja bisa kan, bang?
ReplyDeleteBisa saja, asal data nya beda
Deletesaya masih ragu sama ptk
ReplyDelete